Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Lungfish, Hidup Abadi

    Share
    avatar
    vani

    Jumlah posting : 343
    Join date : 24.09.11

    Lungfish, Hidup Abadi

    Post  vani on Tue Aug 22, 2017 12:16 pm


    Ikan adalah hewan yang pada umumnya tinggal dan hidup di dalam air. Hanya beberapa jenis ikan saja yang mampu bertahan di daerah-daerah ekstrim tertentu seperti lumpur dan daerah bersalju. Agar bisa bertahan di habitat seperti itu, ikan tersebut pasti memiliki kemampuan tertentu. Untuk habitat yang berlumpur, jenis ikan yang paling sering dan banyak ditemukan adalah ikan lele. Ikan ini cukup terbilang unik karena mampu hidup di lingkungan dengan kondisi lumpur yang minim kandungan air .


    Kemampuan ikan untuk dapat hidup di air, disebabkan karena ikan memiliki alat pernapasan berupa insang. Namun gimana jadinya ya kalau ada ikan yang ternyata memiliki habitat di daratan dan bisa bertahan hidup di daerah yang paling kering atau tandus sekalipun? Kira-kira ada nggak ya? Dan ternyata  ikan seperti itu “Ada”.




    Kalau lele mampu bertahan hidup di daerah berlumpur, yang hanya memiliki sedikit kandungan air dan oksigen, kali ada ikan yang bernama Lungfish, yang juga tak kalah hebat. Ikan ini bisa disebut sebagai ikan ajaib, karena memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk tubuhnya menjadi seperti kepompong, dan bisa hidup di habitat tanpa air selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Percaya nggak guys? Mungkin anda akan berpikir dua kali untuk mempercayai hal ini, tapi ikan ini memang benar-benar ada.


    Sesuai dengan namanya Yaitu “lungfish”, ikan ini ternyata memiliki sistem pernapasan cadangan dengan menggunakan paru-paru. Ikan Lungfish ini merupakan ikan yang berasal dari spesies keluarga Ceratodontidae dan Lepidosirenidae. Habitat asli ikan ini adalah di wilayah sungai-sungai yang ada di pedalaman Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Akan tetapi, populasi dari ikan ini dikabarkan sudah hampir punah, sehingga ikan ini dinobatkan sebagai salah satu ikan terlangka di dunia.


    Ciri-Ciri Ikan Lungfish




    Meskipun ikan ini memiliki alat pernapasan cadangan berupa paru-paru, namun ikan ini tetap termasuk ke dalam spesies ikan. Mau tau bagaimana ciri-ciri ikan ajaib ini? Ini dia ciri-cirinya:

    1. Ukuran ikan ini terbilang besar, karena mencapai ukuran 150 cm – 1 meter.
    2. Ikan ini memiliki bentuk yang mirip dengan ikan salamander
    3. Memiliki kaki kecil pada bagian belakang dan tangan di samping moncongnya.
    4. Ikan ini memiliki umur yang sangat panjang. Umur ikan ini bisa mencapai 100 tahun atau lebih. Keberadaan hewan berumur panjang ini diketahui setelah ditemukannya seekor Lungfish yang diberi nama Granddad yang hidup di akuarium Shedd di Chicago.


    Tempat Persembunyian Lungfish di Dalam Tanah Kering



    Ikan Lungfish ini memiliki alat pernapasan yang sangat mirip dengan paru-paru, lebih tepatnyaparu-paru primitif tunggal, sehingga ikan ini tidak hanya bisa hidup di lingkunagn berair, tapi juga di lingkungan yang kering bahkan tandus. Alat pernapasan paru-paru ini berupa suatu sekat ruang, yang berada di bagian atas insang, yang berfungsi agar dapat menelan udara secara langsung, di kondisi yang minim kadar oksigen. Ketika berada di dalam air, ikan ini bernafas dengan insang, dan ketika berada di darat, ikan ini akan menggunakan alat pernapasan paru-parunya.


    Ikan Lungfish Bisa Berubah Menjadi Kepompong




    Jenis ikan Lungfish yang terkenal dengan kemampuan bertahan hidupnya yang paling hebat ini ternyata adalah spesies Lungfish Afrika. Seperti yang diketahui, sebagian besar wilayah atau daerah Afrika adalah tanah kering dan tandus. Untuk bisa tetap mempertahankan hidupnya di daerah seperti ini, ikan lungfish akan menggali lumpur dengan menggunakan mulutnya, untuk membentuk sebuah lubang yang nantinya akan menjadi sarangnya. Kemudian ikan ini akan menutupi sarang tersebut dengan cara memproduksi lendir, sehingga seluruh tubuhnya pun akan terbungkus seperti layaknya kepompong.

    Setelah membentuk kepompong, ikan ini akan melakukan proses hibernasi atau proses tidur panjang selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun, sampai memastikan kondisi tanah disekitarnya kembali normal dan berair. Pada saat sedang berkembang biak, Lungfish betina akan mengumpulkan makanan seperti: siput, cacing, ikan-ikan kecil serta tanaman di dalam rumah kepompong tersebut.

    Bersama dengan ikan jantan, mereka akan membuat terowongan panjang dari lumpur, untuk tempat betina menaruh telur-telurnya. Sampai telur-telur anak mereka menetas, selama itu juga Lungfish betina akan tinggal di sana. Sementara lungfish jantan akan menjaga pintu masuk terowongan agar mereka tidak diserang oleh hewan predator lainnya.

    Wow, kemampuan bertahan hidup Lungfish ini sangat hebat kan guys? Meskipun harus berada di tempat yang kering tanpa air dan makanan yang seadanya selama bertahun-tahun, Ikan lungfish ini masih bisa bertahan hidup, selama sarang kepompongnya masih terjaga kelembapannya. Nah, sekarang udah percaya kan kalau ikan ajaib ini benar-benar nyata?


    sumber: ark21.com


      Waktu sekarang Mon Oct 23, 2017 7:40 pm