Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    5 Makanan Khas Gorontalo

    Share
    avatar
    vani

    Jumlah posting : 343
    Join date : 24.09.11

    5 Makanan Khas Gorontalo

    Post  vani on Sun Jan 01, 2017 10:28 pm

    Makanan khas Gorontalo ini mungkin nggak akan mudah untuk ditemukan di luar provinsi Gorontalo. Jadi, kalau kamu lagi berlibur ke sini, jangan lupa mampir untuk berburu serta mencicipi panganan khas di kota ini ya!



    1. Binthe Biluhuta

    Ini merupakan makanan khas Gorontalo yang ada sejak lama. Makanan ini diwariskan secara turun temurun oleh para tetua Gorontalo. Binthe Biluhuta atau yang sering dikenal dengan sebutan “milu siram” merupakan makanan yang sangat unik.

    Binthe artinya jagung, biluhuta artinya disiram atau siraman, dalam analisa luas, artinya jagung siram. Makanan ini berbahan dasar jagung dan beberapa rempah-rempah sebagai penyedap.

    Bagi masyarakat Gorontalo, makanan ini bukanlah makanan yang asing, tetapi merupakan salah satu daftar makanan yang paling digemari di Gorontalo. Di beberapa daerah, mungkin jagung bakar atau rebus merupakan makanan camilan malam, jika sudah dibuat “milu siram”, bukan lagi sebagai camilan melainkan termasuk makanan pokok.

    Mirip seperti sop dengan isi jagung manis yang dipipil, dengan tambahan parutan kelapa, daun kemangi, daun bawang dengan taburan bawang goreng dan kucuran jeruk nipis. Dan yang spesial adalah selipan daging ikan cakalang yang memberikan aroma milu siram menjadi luar biasa. Gurihnya aroma ikan cakalang yang membuat milu siram ini jadi istimewa.



    2. Makanan Khas Gorontalo: Ilabuo

    Makanan khas ini biasanya digunakan untuk menemani lauk pauk untuk di makan dengan nasi, ilabulo sering dibuat dengan rasa yang pedas dengan bumbu-bumbu alami.

    Ilabulo biasa disantap masyarakat Gorontalo pada siang hari sebagai makanan utama. Sekilas, Ilabulo mirip Pepes ala kuliner Sunda. Bedanya, Ilabulo menggunakan sagu dengan isian ati ampela. Rasanya gurih berkat pemakaian santan sebagai pengganti air untuk mengencerkan sagunya.

    “Ilabulo dalam bahasa Gorontalo berarti sagu ati ampela. Dua bahan ini jadi kekuatannya, bila salah satu diganti, maka rasa keasliannya akan menghilang,”

    Bahan-bahan yang digunakan adalah rempah-rempah yang terdiri dari dedaunan, seperti daun kemangi, daun seledri, dan daun bawang yang dirajang halus. Diberi pula bawang putih serta bawang merah yang diiris tipis. Bagi penyuka pedas, silakan ditambahkan cabai sesuai selera. Jangan lupa siapkan kemiri, lada, dan garam untuk memberi rasa. Untuk pemakaian santan, dirinya menyarankan memakai buah kelapa asli karena aromanya lebih tajam, bukan santan instan dalam kemasan.



    3. Sashimi Tuna

    Sashimi merupakan makanan khas dari Jepang, namun di provinsi ini Sashimi disajikan dengan cara yang berbeda dan disesuaikan dengan masakan di daerah ini. Jadi kalau kamu makan Sashimi di Gorontalo, kamu tidak akan menemukan cabe bubuk, wasabi, atau shoyu. Sashimi Tuna khas Gorontalo biasanya disajikan dengan sambal dabu-dabu yang merupakan sambal khas dari daerah ini.





    4. Ayam Iloni

    hidangan dari ayam ini merupakan salah satu makanan khas Gorontalo. Ayam bakar iloni ini memiliki perbedaan dengan ayam bakar pada umumnya, karena cara memasaknya yang berbeda menyebabkan ayam bakar iloni memiliki cita rasa yang berbeda. Pada dasarnya ayam bakar dimasak dengan bumbu, akan tetapi ayam iloni cara memasaknya yaitu dimasak dengan santan terlebih dahulu.

    Sehingga perbedaan cara memasaka inilah yang menyebabkan ayam bakar iloni memiliki cita rasa yang khas dan patut untuk dicoba.




    5. Kue Sabongi

    Kue Sabongi, tentu saja bukan hal yang asing bagi masyarakat Gorontalo, karena kue ini merupakan salah satu warisan nenek moyang masyarakat Gorontalo sejak zaman raja-raja dahulu kala.

    Meski berbahan dasar pisang dan singkong, kue sabongi sendiri memberikan kenikmatan tersendiri, tidak heran masyarakat Gorontalo sangat menyukai jenis kue ini. Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja.

    Buat kamu yang datang ke Gorontalo, nggak ada salahnya menikmati kue sabongi tradisional, makanan khas Gorontalo. Memang, sebenarnya tidak ada toko kue yang resmi menjual sabongi, karena di tiap-tiap rumah warga Gorontalo, adasaja keluarga yang pandai membuat kue ini, dan kamu bisa meminta bantuan mereka untuk membuatkan kue sabongi.


    ~blog.heritage.id


      Waktu sekarang Sun Dec 17, 2017 7:58 pm