Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Makanan Sehat untuk Anak Kos

    Share
    avatar
    kabaena

    Jumlah posting : 284
    Join date : 19.08.11
    Age : 32

    Makanan Sehat untuk Anak Kos

    Post  kabaena on Sun Oct 30, 2016 3:46 pm


    Jadi anak kos bukan berarti tak bisa konsumsi makanan sehat. Asal tahu triknya, makanan enak, sehat dan murah bisa disiapkan sendiri.

    Saat jadi anak kos, tidak ada salahnya investasi sedikit untuk rice cooker dan kulkas kecil. Dengan hal tersebut, Anda bisa menghemat dan tentu lebih sehat dalam jangka panjang. Ahli gizi, Abby Langer memberikan beberapa tipsnya.

    Kukusan rice cooker
    Di rumah kos, rumah susun atau apartemen pasti ada rice cooker. Selain untuk memasak nasi, manfaatkan fungsi kukusan di dalamnya. Bisa untuk menghangatkan makanan atau mengukus sayuran dan umbi-umbian. Makanan yang dikukus, jauh lebih sehat dan hemat dibandingkan yang digoreng.

    Masak mie instan dengan bumbu alami
    Hampir semua anak kos menjadikan mie instan makanan pokoknya karena murah, cepat, dan enak. Agar makanan favorit ini tetap sehat, masak tanpa bumbu jadinya, lebih baik gunakan bumbu alami seperti bawang putih, kecap, telur dan sayur.

    Beli makanan beku di supermarket
    Makanan beku ebih sehat dan dalam jangka panjang lebih murah. Lebih baik beli potongan sayur atau ayam beku di supermarket dan simpan di freezer kulkas.
    Bisa dimasak dengan teknik kukus atau ditumis. Ini cara baik saat uang menipis di akhir bulan dan menghindari jajan di luar, yang m

    Kukus ubi jalar
    Daripada makan nasi setiap hari, coba sumber karbohidrat lain seperti ubi jalar, yang lebih bernutrisi dan rendah kalori. Kukus dan tambahkan mentega dan gula merah agar lebih lezat.

    Stok makanan sehat
    Beli makanan sehat di awal bulan, seperti oat, buah kering, selai kacang, kacang-kacangan, telur, sayuran dan beras. Hal ini agar niat jajan berkurang karena uang sudah terkuras di awal bulan. Pilihannya hanya memasak. Saat tiba-tiba lapar di malam hari, stok makanan masih ada sehingga tidak menggunakan layanan pesan antar atau kelaparan sepanjang malam.

    Masak dan makan bersama
    Jika tinggal di asrama atau kontrakan, tidak ada salahnya membuat acara makan bersama beberapa kali sebulan. Masing-masing orang bisa menyumbang satu makanan, tentunya semuanya harus dimasak sendiri.

    Atur juga menu makan sebelum kumpul, agar serasi menunya. Misal satu orang menyediakan nasi dan yang lain sup, lauk-pauk juga buah. Selain murah, ini cara agar diet seimbang.

    Simpan bumbu
    Tetap sama, memasak sendiri adalah cara hidup sehat dan murah. Cukup beli kecap, garam, lada, gula, cabai bubuk, dan bawang. Bumbu dasar ini bisa jadi solusi saat menggoreng telur atau bikin nasi goreng.

    Siapkan makanan selama seminggu
    Kalau tidak mampu seminggu, lakukan untukbeberapa hari. Jadi, masak di akhir minggu untuk makan minggu selanjutnya.

    Buat makanan dalam jumlah besar dan simpan di beberapa wadah plastik sehingga pada hari kuliah, tinggal memanaskan saja. Bisa dipadukan dengan sayuran atau bahan lain agar tak terlalu membosankan.


    sumber: food.detik.com


      Waktu sekarang Sat Sep 23, 2017 12:57 am