Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» 4 Olahraga ekstrem ini bisa kamu lakukan di Indonesia
Thu Apr 12, 2018 11:55 am by kabaena

» HDD External New
Wed Apr 04, 2018 2:59 am by dodolan

» Libero dalam Voli
Tue Apr 03, 2018 2:43 pm by kabaena

» Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang', Aduh Enaknya!
Sat Mar 17, 2018 12:45 pm by nic

» Menolak Hadiah Rp 399 Juta dari Easy Shopping
Mon Mar 12, 2018 10:12 am by vani

» Merancang perjalanan - Itinerary
Fri Mar 09, 2018 1:44 pm by vani

»  Startup ini Bangun Rumah Menggunakan Printer 3 Dimensi!
Sun Feb 25, 2018 2:52 pm by wulele_waru

» Agen Madu Hitam Pahit Premium Bandung Murah
Thu Feb 22, 2018 7:10 pm by riyadiyo

» Mengapa kelelawar tidur terbalik?
Mon Feb 19, 2018 10:05 am by ganz

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Film Pendek Megatron, Maxim ke Bucharest demi Robot Transformers

    Share
    avatar
    YustikaEndri

    Jumlah posting : 29
    Join date : 13.01.14

    Film Pendek Megatron, Maxim ke Bucharest demi Robot Transformers

    Post  YustikaEndri on Thu May 14, 2015 7:51 pm


    Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Itulah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan film pendek karya Marian Crisan dari Rumania ini. Megatron, yang memenangkan penghargaan bergengsi Palme d'Or sebagai Film Pendek Terbaik dalam Festival Film Cannes 2008, ini mengangkat beberapa isu penting yang kerap kita jumpai dan alami dalam kehidupan sehari-hari. Namun, isu utamanya tetaplah problem keluarga, tepatnya orang tua tunggal alias single-parent.

    Kisahnya sederhana, yakni tentang Maxim (diperankan Maxim Adrian Strinu) yang merayakan hari ulang tahunnya kedelapan. Ia merengek ke ibunya (Gabriela Crisu) untuk dibelikan Megatron, mainan robot dari film blockbuster Hollywood pencetak box office tinggi, Transformers. Si Megatron hanya bisa dibeli melalui gerai restoran cepat saji McDonalds di Bucharest, sedangkan keluarga kecil ini tinggal pedesaan jauh dari ibukota Rumania tersebut.

    Mereka pun berangkat ke Bucharest dengan susah-payah: mengayuh sepeda, naik kereta, menumpang mobil pribadi orang, dan jalan kaki. Dari situ jelaslah situasi ekonomi keluarga yang dialami Maxim dan ibunya. Lewat pengisahannya pula, kita jadi tahu bahwa ayah dan ibu Maxim sudah bercerai. Kita juga jadi tahu bahwa Maxim selalu meminta pergi ke Bucharest setiap ulang tahunnya. Dan, tahun ini Maxim meminta Megatron.

    Namun, ada apa sebenarnya di Bucharest, sehingga pada ulang tahunnya kali ini, Maxim nekat menyembunyikan dompet ibunya? Inilah bukti kepiawaian Marian Crisan dalam menyajikan penuturan cerita yang subtil. Sampai-sampai isu-isu sosial nan penting dalam cerita film bersinggungan secara lembut dan berbicara dengan layaknya gaya bahasa yang halus.

    Megatron bukan cuma mengangkat tentang problem privat yang muncul akibat bentuk keluarga single-parent. Akan tetapi juga soal kapitalisme global—yang direpresentasikan dengan mainan Megatron sebagai merchandise film Hollywood dan gerai McDonald's yang memiliki jaringan penjualan yang mencengkeram dunia. Tak terkecuali negara yang dulunya berhaluan komunis, seperti Rumania.

    Kisah Megatron juga mencerminkan situasi tentang struktur masyarakat pasca pemerintahan komunis Nicolae Ceausescu. Di mana masyarakat dengan ekonomi rendah masih berjuang untuk hidup, lalu anggota-anggota baru dalam masyarakat kelas atas juga bermunculan, dan korupsi masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan di Rumania. Situasi ini kemudian masih direkam dan diangkat dalam film-film Rumania berikutnya. Salah satunya adalah Child's Pose yang dirilis pada tahun 2013.

    Nah, seperti apa film pendek Megatron? Tonton langsung di bawah.



      Waktu sekarang Sat Apr 21, 2018 4:59 am