Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» 4 Olahraga ekstrem ini bisa kamu lakukan di Indonesia
Thu Apr 12, 2018 11:55 am by kabaena

» HDD External New
Wed Apr 04, 2018 2:59 am by dodolan

» Libero dalam Voli
Tue Apr 03, 2018 2:43 pm by kabaena

» Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang', Aduh Enaknya!
Sat Mar 17, 2018 12:45 pm by nic

» Menolak Hadiah Rp 399 Juta dari Easy Shopping
Mon Mar 12, 2018 10:12 am by vani

» Merancang perjalanan - Itinerary
Fri Mar 09, 2018 1:44 pm by vani

»  Startup ini Bangun Rumah Menggunakan Printer 3 Dimensi!
Sun Feb 25, 2018 2:52 pm by wulele_waru

» Agen Madu Hitam Pahit Premium Bandung Murah
Thu Feb 22, 2018 7:10 pm by riyadiyo

» Mengapa kelelawar tidur terbalik?
Mon Feb 19, 2018 10:05 am by ganz

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Apa itu English Day?

    Share
    avatar
    kabaena

    Jumlah posting : 293
    Join date : 19.08.11
    Age : 32

    Apa itu English Day?

    Post  kabaena on Sat Jan 10, 2015 11:42 am


    Kita berbicara tentang pergeseran liberalisasi di era globalisasi saat ini. Sebentar lagi bangsa kita akan bertarung dalam wadah Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015. Kita sadar kualitas bahasa asing kita khususnya bahasa Inggris masih kalah jauh dengan negara tetangga kita Singapura atau Malaysia. Dalam sistem pendidikan kitapun, kita masih berorientasi untuk mempelajari konsep dan ketatabahasaan. Padahal di era global seperti saat ini, masyarakat luas lebih mementingkan bagaimana bisa berkomunikasi dengan orang asing daripada menguasai konsep ketatabahasaan. Bagaimana para pedagang asongan dapat berkomunikasi dengan orang asing. Tengoklah mereka yang bekerja di kapal pesiar, mereka belajar bahasa Inggris secara otodidak. Walaupun secara ketatabahasaan amburadul tetapi yang terpenting bagi mereka adalah you know and I know. Sesederhana itulah yang diinginkan masyarakat luas. Bagaimana mereka bisa bercakap-cakap dengan bangsa asing walaupun tata bahasanya belepotan. Hal ini adalah suatu yang wajar jika kita berbicara bagi masyarakt luas.

    Ada beberapa cara dalam meningkatkan kualitas bahasa inggris kita. Mulai dari mengikuti kursus bahasa Inggris hingga membuat desa binaan bahasa Inggris. Ada satu lagi penawaran konsep yang sederhana, praktis dan tanpa biaya yakni English Day. Konsep English Day sangat sederhana. Kita menentukan hari-hari tertentu untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Hari-hari tersebut bisa tujuh hari dalam seminggu berbahasa Inggris, atau kalau terlalu berat bisa tiga hari. Kalau masih terlalu berat bisa sehari seminggu misalnya Friday is English Day atau Tuesday is English Day dsb. Yang terpenting dalam program ini adalah keberanian dan kepercayaan diri kita dalam berkomunikasi berbahasa Inggris. Selain itu kegiatan ini juga membiasakan diri kita untuk mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Jika hal ini dilakukan secara konsisten maka tidak akan lama kita akan mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik dan lancar.

    Kegiatan English Day ini, dapat dipraktekan dimana-mana. Misalnya di lingkungan keluarga kita sendiri. Ayah, Ibu dan anak pada hari tertentu berbicara bahasa Inggris. Yang terpenting adalah konsistensi khususnya kedua orang tua. Bisa juga dilakukan di lingkungan perkantoran, sekolah ataupun masyarakat. Yang terpenting adalah ada orang-orang yang mau mengelola dan ada orang-orang yang komitmen dan konsisten. Seandainya kegiatan English Day ini telah membudaya seantero negeri tercinta ini maka bangsa kita akan lebih siap dalam menghadapi liberalisasi khususnya liberalisasi pasar tenaga kerja yang sebentar lagi bergulir.


      Waktu sekarang Mon Apr 23, 2018 9:58 am