Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Ingin Langsing Tapi Suka Makanan Manis? Ini Cara Kontrol Hasrat Makan

    Share
    avatar
    vani

    Jumlah posting : 343
    Join date : 24.09.11

    Ingin Langsing Tapi Suka Makanan Manis? Ini Cara Kontrol Hasrat Makan

    Post  vani on Thu Nov 20, 2014 12:53 pm


    Konsumsi terlalu banyak gula tak diragukan lagi bisa berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari kegemukan, diabetes hingga tekanan darah tinggi. World Health Organization merekomendasikan konsumsi gula cukup sebanyak enam sendok makan sehari saja agar kesehatan tetap terjaga.

    Namun kenyataannya banyak orang tidak menyadari kalau telah mengonsumsi gula lebih banyak dari seharusnya. Perlu diketahui, asupan gula tidak hanya berasal dari gula pasir yang ditambahkan dalam minuman atau makanan saja. Nasi, mie instan, tepung dan karbohidrat sederhana lainnya juga menyumbang asupan gula ke dalam tubuh.

    Membatasi diri dari konsumsi makanan manis memang sulit terlebih lagi bagi mereka yang menyukai hidangan pencuci mulut serta camilan seperti cokelat atau permen. Keinginan untuk makan makanan manis sebenarnya bisa dicegah atau minimal dibatasi. Ini dia berbagai caranya.

    1. Tidur yang Cukup
    Ketika lelah, tubuh akan berpikir kalau Anda membutuhkan energi dengan segera. Makanan apa yang paling cepat menggantikan energi yang hilang? Yaitu makanan yang mengandung gula, sehingga saat lelah Anda cenderung menginginkan makanan manis. Oleh sebab itu cukupilah kebutuhan tidur Anda minimal tujuh jam sehari dan itu harus tidur yang berkualitas.

    2. Siasati dengan Rempah
    Saat keinginan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis datang, cobalah atasi dengan rempah-rempah. Misalnya menambahkan bubuk kayu manis ke dalam teh atau membuat air jahe yang dicampur kapulaga dan kencur. Rempah-rempah diketahui bisa mengurangi keinginan makan makanan manis karena aromanya yang kuat.

    3. Banyak Bergerak
    Seperti dikutip dari Body by Christina, keinginan makan gula seringkali datang karena mood negatif seperti sedih, kesal atau kecewa. Sebelum memenuhi mulut dengan cokelat dan 'teman-temannya', coba tahan keinginan makan manis dengan beraktivitas fisik misalnya fitnes, jogging, berenang, bersepeda atau dansa. Aktivitas fisik yang intens akan melepaskan hormon endorfin yang membuat perasaan lebih tenang dan bahagia. Stres hilang, badan pun sehat.

    4. Detoks
    Max Tuck, penulis buku ‘Whole Body Solutions’ seperti dikutip dari Female First menyarankan untuk mencoba diet detoks. Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau dan mentah seperti seledri dan ketimun. Tak hanya memiliki khasiat detoksifikasi tapi dua sayuran ini juga membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan jumlah mineral chromium dan vanadium yang bertugas menyeimbangkan gula darah. Konsumsilah sayuran hijau dengan cara diblender atau dibuat jus.

    5. Perbanyak Protein dan Serat
    Hasrat untuk makan makanan manis biasanya muncul ketika gula darah dalam tubuh sangat rendah. Maka dari itu jangan biarkan perut Anda kosong terlalu lama dan konsumsi makanan yang membuat Anda 'awet' kenyang. Pakar nutrisi Darlene McCormick menyarankan untuk mengonsumsi banyak protein dan serat.

    Sejumlah studi menunjukkan bahwa protein dan serat akan meningkatkan level kepuasan sehingga tubuh tidak lagi meminta tambahan energi dari gula. Protein bisa didapatkan dari dada ayam panggang, ikan, telur rebus dan kacang-kacangan. Sementara serat dari sayuran, buah dan gandum utuh.


      Waktu sekarang Wed Dec 13, 2017 1:58 am