Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Anak Suka Berimajinasi, Normalkah?

    Share
    avatar
    liana

    Jumlah posting : 1161
    Join date : 01.12.09

    Anak Suka Berimajinasi, Normalkah?

    Post  liana on Sat Nov 01, 2014 9:13 am


    PERNAHKAH Anda melihat buah hati Anda meniru perilaku tokoh yang ia sukai? Jika iya Anda tak perlu melarang atau merasa heran. Pasalnya, usia anak tujuh sampai 12 tahun senang meniru dan bermain peran dengan tokoh yang mereka idolakan.

    Dalam dunia psikologi anak, masa ini disebut pretend play. Menurut Ratih Zulhaqqi, M.Psi., pretend play itu, dimana anak-anak meniru apa saja yang mereka inginkan, setelah mengamati lingkungan atau informasi yang didapat di sekitarnya.

    “Contoh dari ini, seperti saat kita suka berpura-pura menjadi dokter dengan memakai jas putih, atau bermain ibu-ibuan, atau pada anak laki-laki suka mengamati dan meniru suara binatang.Itu yang dinamakan pretend play,” tuturnya kepada Okezone, yang ditemui pada acara peluncuran gambar karakter Disney pada produk susu Frisian Flag, di Central Park, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

    Saat anak-anak menjalani tahap ini, mereka juga berada pada masa konkret operasional di mana kognitif atau kemampuan berpikir otak mereka, tengah berkembang. Oleh karena itu, Ratih pun menyarankan, agar anak dibebaskan untuk berimajinasi, karena itu adalah normal bagi setiap anak.

    Namun demikian, orangtua tetap harus membantu mengarahkan anak dengan memberitahu sisi positif dan negatif dari hal yang mereka pelajari. Hal ini dapat dilakukan orangtua dengan bermain dan menetapkan peraturan bersama anak.

    “Main bersama anak bisa dilakukan orangtua dengan anak. Misal, orang tua dan anak sama-sama bermain dengan berpura-pura ada di Korea. Kemudian, mereka menjadi tokoh atau karakter tertentu yang ada di film Korea. Jadi, memang harus ada waktu bermain bersama,” pesannya.


      Waktu sekarang Sat Nov 18, 2017 6:13 pm