Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Tugas Pokok dan Fungsi LPMP

    Share
    avatar
    wulele_waru

    Jumlah posting : 189
    Join date : 31.01.12

    Tugas Pokok dan Fungsi LPMP

    Post  wulele_waru on Mon Oct 27, 2014 9:44 am


    Tugas Pokok dan Fungsi LPMP

    Berdasarkan Permendiknas Nomor 66 tahun 2009 setiap LPMP mempunyai rincian tugas sebagai berikut.

    A. Kepala LPMP

    • Menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sisngkronisasi serta bekerja sama baik dalam lingkungan internal maupun eksternal;
    • Menyusun program kerja;
    • Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melaksanakan pengembangan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan menengah di provinsi;
    • Melaksanakan pengelolaan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melaksanakan pengkajian, pengukuran, dan evaluasi mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melaksanakan perancangan model-model pembelajaran di sekolah;
    • Melaksanakan fasilitasi lembanga pendidikan dalam pengelolaan sumber daya pendidikan;
    • Melaksanakan fasilitasi lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar;
    • Melaksanakan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan lainnya;
    • Melaksanakan kerja sama dengan lembaga dan masyarakat dalam penjamimnan mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melaksanakan penyajian dan penyebarluasan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melaksanakan urusan perencanaan, keuangan, kepegewaian, ketatalaksanaan, persuratan dan kerumahtanggaan LPMP
    • Melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen LPMP;
    • Menyusun laporan LPMP.


    B. Bagian Umum

    • Menyusun program kerja subbagian dan mempersiapkan penyusunan program kerja LPMP;
    • Melakukan urusan perencanaan
    • Melakukan urusan keuangan
    • Melakukan urusan kepegawaian
    • Melakukan urusan ketatalaksanaan
    • Melakukan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar;
    • Melakukan urusan penataan, pemeliharaan, dan penghapusan arsip LPMP;
    • Melakukan urusan rapat dinas, penerimaan tamu, dan upacara;
    • Melakukan urusan perlengkapan;
    • Melakukan urusan keamanan, kebersihan, ketertiban, dan keindahan;
    • Melakukan urusan perpustakaan;
    • Melakukan urusan dokumentasi dan publikasi kegiatan LPMP;
    • Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen subbagian;
    • Menyusun laporan subbagian dan mempersiapkan penyusunan laporan LPMP.

    C. Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS)

    • Menyusun program kerja seksi;
    • Menyusun instrument pengumpulan data untuk pemetaan mutu pendidik dan pengkajian mutu pendidikan;
    • Mengumpulkan data tentang 8 standar nasional pendidikan untuk pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat;
    • Melakukan verivikasi, pengolahan dan analisis data tentang 8 standar nasional pendidikan;
    • Menyusun laporan hasil analisis data tentang 8 standar nasional pendidikan;
    • Melakukan pengkajian data tentang 8 standar nasional pendidikan untuk supervisi dan fasilitasi pendidikan;
    • Merancang konsep dan instrument supervise 8 standar nasional pendidikan;
    • Melaksanakan kegiatan supervisi berkaitan dengan 8 standar nasional pendidikan;
    • Menghasilkan hasil supervise 8 standar nasional pendidikan;
    • Melakukan desiminasi hasil supervise 8 standar nasional pendidikan;
    • Menyusun laporan hasil supervise tentang 8 standar nasional pendidikan;
    • Menyusun laporan seksi.


    D. Seksi Program dan Sistem Informasi (PSI)

    • Menyusun program seksi;
    • Melakukan penyiapan perangkat dan pengembangan system informasi mutu pendidikan dasar dan menengah, TK, RA, atau bentuk lainnya yang sederajat;
    • Melakukan pengumpulan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lainnya yang sederajat di provinsi;
    • Melakukan pengolahan data mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lain yang sederajat di provinsi;
    • Melakukan pemutahiran data dan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lainnya yang sederajat di provinsi;
    • Melakukan penyajian dan penyebar luasan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lainnya yang sederajat di provinsi;
    • Melakukan pemberian layanan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lainnya yang sederajat di provinsi;
    • Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen seksi;
    • Menyediakan dan memberdayakan SDM untuk pengembangan SIM;
    • Merancang konsep SIM satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, atau bentuk lainnya berdasarkan hasil pemetaan 8 standar nasional pendidikan;
    • Menyusun konsep dan merancang software SIM satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lain yang sederajat yang berbasis WEB;
    • Menyediakan operator SIM untuk pemasukan data, Upload dan Updating data bagi satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, atau bentuk lainnya yang sederajat;
    • Memelihara dan mengembangkan sarana dan prasarana SIM tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, dan bentuk lainnya yang sederajat berbasis WEB;
    • Menyusun laporan.



    E. Seksi Fasilitas Sumber Daya Pendidikan (FSDP)

    • Menyusun perencanaan dan program kerja seksi;
    • Melakukan fasilitasi dalam penyusunan silabi diklat;
    • Melakukan penyiapan bahan kerja sama dengan lembanga lain dan masyarakat dalam penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melakukan pemberian fasilitasi standar isi dan proses pembelajaran dalam penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah;
    • Melakukan pemberian fasilitasi dalam hasil belajar;
    • Melakukan pemberian fasilitasi dalam evaluasi dan sertifikasi hasil belajar;
    • Melakukan penyusunan laporan hasil fasilitasi peningkatan kompetensi mutu  pendidikan dasar dan menengah;
    • Melakukan pemberian fasilitasi dalam pengelolaan sumber daya pendidikan;
    • Melakukan pemberian fasilitasi dan pengelolaan laboratorium dan multimedia;
    • Melakukan pemberian fasilitasi peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;
    • Melakukan pemberian layanan, bimbingan dan bantuan teknis akademis, dalam rangka peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan;
    • Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen seksi;
    • Menyusun laporan seksi.



      Waktu sekarang Sat Sep 23, 2017 12:56 am