Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Anak Kecanduan Gadget atau Tidak? Cek Tandanya di Sini

    Share
    avatar
    VonuaOlompu

    Jumlah posting : 16
    Join date : 10.10.14

    Anak Kecanduan Gadget atau Tidak? Cek Tandanya di Sini

    Post  VonuaOlompu on Wed Oct 22, 2014 8:26 am


    Untuk memudahkan komunikasi dengan sesama, gadget memang memiliki daya tarik yang cukup kuat tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Tidak heran, di zaman sekarang pun anak-anak sudah memiliki gadget pribadi bahkan ada yang sampai kecanduan menggunakannya. Meskipun tidak semua anak bisa kecanduan gadget, lho.

    Dikutip dari buku 'Mendidik Anak di Era Digital', dikatakan psikiater dan praktisi pendidikan anak terkemuka di Korea, Yee-Jin Shin tidak semua anak dapat kecanduan gadget. Ada ciri khusus yang bisa dilihat dari anak yang akan mudah kecanduan gadget. Nah, berikut ini tiga ciri anak yang mudah kecanduan gadget:

    1. Anak memiliki emosi negatif

    Anak dengan ciri seperti ini biasanya sering merasa sedih, gelisah, marah, ataupun takut. Biasanya hal ini terjadi karena saat kecil ia sering mendapat banyak tekanan sehingga menimbulkan trauma. Mereka tidak memiliki semangat dan kekuatan untuk mengontrol perasaan negatifnya.

    Akibatnya, anak akan mencari media yang tepat dan mudah untuk dijadikan pelampiasan emosinya, salah satunya adalah gadget. Tentunya ini bukan cara pelampiasan yang sehat. Maka dari itu , orang tua harus bisa meredakan emosi negatif anak agar anak tidak bergantung pada gadget.

    2. Lebih senang menyendiri

    Anak yang sedari kecil sudah senang menyendiri dan berwatak pemalu rentan kecanduan terhadap gadget. Sebab, dengan karakter seperti itu, anak akan mudah merasa takut dan malu untuk bergaul dengan teman-temannya sehingga ia menganggap gadget sebagai teman.

    Saat kecanduan gadget, justru ia makin senang menyendiri bahkan sampai tidak mau keluar rumah sama sekali dan enggan bergaul dengan orang lain. Untuk menghadapi anak yang seperti ini, orang tua bisa berupaya mengajak anak bersosialisasi lebih sering dan lebih banyak meluangkan waktu bersama anak di rumah.

    3. Mudah terdistraksi

    Salah satu ciri anak mulai kecanduan gadget yakni ia akan lebih mudah bingung atau terganggu. Hal ini bisa terjadi karena fokus perhatian si anak tertuju pada gadget. Ketika melakukan aktivitas lain, si kecil pun bisa tidak berkonsentrasi.

    4. Anak menjadi impulsif

    Ketika anak kecanduan gadget, ia akan lebih fokus pada gadgetnya. Akibatnya, ketika keasyikan si kecil terganggu saat bermain gadget, emosinya akan mudah meledak karena ia merasa terganggu. Untuk menghadapinya, orang tua perlu lebih sering mengalihkan anak ke kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan sekitar seperti olahraga, bermain bersama, atau membaca buku.


      Waktu sekarang Sat Nov 18, 2017 6:09 pm