Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

    Share
    avatar
    vinaderossi

    Jumlah posting : 8
    Join date : 06.04.14

    Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

    Post  vinaderossi on Fri Jul 11, 2014 9:52 am


    Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata tegang serta lelah. Sakit, terasa kering tapi sering berair, mata terasa berat yang disertai sakit pada punggung, bahu dan leher merupakan beberapa ciri mata Anda mengalami kelelahan.

    Selain menatap komputer dalam waktu lama, penyebab lain mata lelah adalah stres di tempat kerja, pola makan tidak sehat, kurang minum juga kekurangan vitamin B12, D dan K. Mata yang sering lelah juga bisa dikarenakan faktor genetik atau keturunan.

    Mata lelah kerap disepelekan oleh penderitanya, padahal jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penurunan fungsi mata, misalnya rabun jauh. Untuk menjaga mata tetap sehat meskipun harus berlama-lama di depan layar komputer, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

    1. Banyak Berkedip
    Biasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 menit kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Akibatnya, mata terbuka lama dan mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah. Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Setiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), lalu mengedipkan mata sebanyak 20 kali. Cara ini efektif untuk mencegah mata lelah karena terlalu lama bekerja.

    2. Gerakkan Mata
    Anda bisa menghindari ketegangan pada mata dengan menggerakkan bola mata dan mengalihkan fokus secara teratur. Terlalu lama menatap sesuatu --terutama layar komputer-- bisa membuat kemampuan mata menurun. Gerakkan bola mata ke kanan-kiri, atas dan bawah. Cukup lakukan secara singkat, sedikitnya 30 detik.

    3. Latihan Pernapasan
    Hal ini penting karena 30 persen dari udara yang kita hirup masuk untuk memberi 'makan' sistem penghilatan. Lakukan pernapasan yang berirama dan teratur, seperti sedang bermeditasi. Tidak hanya membuat mata lebih relaks, seluruh tubuh juga ikut santai. Fokus pada objek yang jauh merupakan salah satu cara melepaskan ketegangan mata.

    4. Biasakan Duduk dengan Postur Tubuh Sempurna
    Postur duduk yang tidak tepat seringkali dihubungkan dengan penglihatan yang buruk dan ketegangan pada beberapa area tubuh seperti bahu, leher, dada dan wajah. Postur duduk yang tepat dan melakukan relaksasi secara terarur dapat membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh lancar. Hindari duduk dengan membungkuk, terlalu dekat dengan keyboard komputer dan menyilangkan kaki.

    Kedua kaki sebaiknya diletakkan lurus di lantai dengan lutut sedikit lebih tingi daripada pinggul atau bangku. Tempatkan lengan di sandaran kursi atau meja. Jika di atas meja, sepertiga lengan harus bersandar pada permukaan meja, bukan hanya telapak tangan. Biasakan kepala untuk memandang lurus ke depan, atau setidaknya sejajar dengan posisi laptop/komputer. Terakhir, fokuskan pernapasan pada perut untuk meningkatkan oksigen ke tubuh. Pernapasan perut akan membuat tubuh tetap santai seharian.

      Waktu sekarang Mon Nov 20, 2017 1:49 pm