Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Tahukah Anda Asal Nama Pizza dan Bagel?

    Share
    avatar
    liana

    Jumlah posting : 1161
    Join date : 01.12.09

    Tahukah Anda Asal Nama Pizza dan Bagel?

    Post  liana on Fri Mar 14, 2014 8:34 am


    Dari mana asal hamburger? Mungkin pertanyaan itu terlintas saat Anda menikmati burger. Ternyata banyak jenis makanan yang punya riwayat unik. Seperti pizza atau sandwich.

    Berikut asal nama beberapa makanan populer yang dirangkum oleh The Daily Meal.


    1. Pasta
    Pasta tentu saja berasal dari bahasa Italia. Asal kata ini berhubungan dengan bahasa Yunani kuno. Mereka menggunakan kata pastos untuk merujuk pada sesuatu yang diasinkan. Kata ini kemudian berubah menjadi pasta yang berarti bubur barley. Kemudian oleh orang Romawi kata ini digunakan untuk menyebut berbagai jenis adonan. Jenis mie yang saat ini disebut pasta sebenarnya baru masuk Italia setelah orang Arab membawanya ke Sisilia pada abad 9.


    2. Pizza
    Kata pizza memiliki asal yang sama dengan pita. Kedua kata ini berasal dari pitta dalam bahasa Yunani yang berarti “padat”. Kemudian ada kata Latin pinsere yang artinya “untuk menekan”. Ketika melihat adonan pizza ditekan dan dipipihkan tentu asal kata itu menjadi sangat masuk akal.


    3. Sandwich
    John Montagu, Earl of Sandwich IV, disebut sebagai asal kemunculan nama sandwich. Memakan daging di antara dua lembar roti awalnya dilakukan oleh kelas bawah di Inggris. Namun bangsawan Inggris menjadikan makanan ini camilan larut malam sejak tahun 1700-an. Makanan ini pertama hanya disebut “roti dan daging” atau “roti dan keju”. Tapi kemudian muncul cerita terkait John Montagu. Ia meminta pelayan setangkap roti berisi daging. Lord Sandwich suka dengan bentuk makanan ini karena dia tetap dapat bermain kartu dengan satu tangan sambil makan tanpa perlu garpu. Akhirnya nama sandwich pun menempel pada roti tersebut.



    4. Bagel
    Merujuk pada kamus Merriam-Webster’s, kata bagel dulunya dieja bajgiel. Kata ini berasal dari beygl dalam bahasa Yiddi, bougel dalam bahasa Middle High German dan bouc dalam Old High German yang berarti “cincin”.


    5. Hamburger
    Nama hamburger lahir terkait dengan kota Hamburg, Jerman. Pada tahun 1600an, pelabuhan Hamburg menjadi pemberhentian utama untuk kapal yang datang dari Rusia. Orang Rusia saat itu membawa resep steak tartare. Meski versi patty matang menjadi cukup populer di Hamburg, namun kata hamburger sebenarnya diciptakan oleh pemilik restoran di New York. Tujuannya untuk memikat imigran Jerman yang mencari makanan rumahan di Amerika.


    6. French Fries
    Makanan French fries berasal dari Belgia. Masakan Belgia berasimilasi dengan negara tetangganya, Prancis dan segera french fried potatoes populer di Amerika Serikat pada tahun 1856. Ada rumor mengatakan kata French sebenarnya merujuk pada cara memotong kentang dengan diiris. Namun makanan ini muncul sebelum adanya teknik frenching. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang menyebutnya French fries. Kentang goreng di Inggris disebut chips, frites di Prancis, dan patatas fritas di Spanyol.


    7. Bacon
    Menurut Oxford English Dictionary kata bacon memiliki kesamaan dengan kata “punggung” dalam Old French. Back bacon umumnya ditemukan di Inggris dan terdiri dari daging loin dengan sejumlah kecil daging belly yang menempel.


      Waktu sekarang Mon Nov 20, 2017 1:45 pm