Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Hanya dengan Berjalan-Jalan, Otak Bisa Berkembang Lho

    Share
    avatar
    tulanggadi

    Jumlah posting : 684
    Join date : 07.07.11

    Hanya dengan Berjalan-Jalan, Otak Bisa Berkembang Lho

    Post  tulanggadi on Mon Feb 24, 2014 11:52 am


    Mendengar frasa berjalan-jalan, akan terlintas imaji udara segar atau pemandangan yang elok. Tapi manfaat jalan-jalan tak sebatas menyegarkan pikiran saja. Menurut sebuah studi, berjalan-jalan juga dapat membuat otak tumbuh berkembang.

    Peneliti menemukan bahwa berjalan-jalan tiga kali dalam satu minggu dapat meningkatkan kapasitas hipokampus, bagian otak besar yang berhubungan dengan kemampuan menyimpan memori. Bagian tersebut merupakan bagian yang pertama kali diserang ketika Alzheimer mendera.

    Dalam studi itu, para peneliti meminta 120 pria dan wanita berusia 55 hingga 80 tahun untuk melakukan jalan cepat selama 40 menit sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Setelah satu tahun, dilakukan pemindaian pada otak para partisipan.

    Normalnya, otak akan semakin menyusut seiring pertambahan usia. Namun hasil pindai menunjukkan pertumbuhan pada sel otak partisipan hingga 2%. Demikian informasi yang diperoleh American Association for the Advancement of Science dalam sebuah konferensi tahunan.

    Ilmuwan menjelaskan, pertumbuhan itu memudakan usia otak hingga dua tahun. Tentu saja, itu dianggap sebagai sebuah perkembangan yang menakjubkan. Namun sebaliknya, kelompok lain yang diminta melakukan serangkaian latihan peregangan sederhana selama satu tahun penuh memiliki hipokampus yang menyusut sekitar 1,5 persen.

    "Anda tidak memerlukan aktivitas fisik berat yang gencar untuk mendapatkan efek tersebut. Jumlah (perkembangan) itu mungkin terdengar sedikit, tetapi itu seperti mengembalikan usia waktu otak hingga beberapa tahun," ungkap pimpinan penelitian, Dr Kirk Erickson, dari Universitas Pittsburgh.

    Ia menjelaskan bahwa olahraga mungkin bukan senjata ampuh untuk memerangi demensia, tetapi olahraga merupakan cara terbaik untuk memelihara ketajaman pikiran. Sayang, banyak orang yang malas bergerak atau berolahraga.


      Waktu sekarang Mon Nov 20, 2017 1:41 pm