Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» Kumpulan Humor Monolog
Tue Jan 10, 2017 8:16 am by kabaena

» Pulau Karibia, Pulau Bajak Laut yang Menjadi Tujuan Wisata
Tue Jan 10, 2017 8:00 am by kabaena

» Presentasi dengan Powerpoint
Sat Jan 07, 2017 9:22 pm by azzalya

» Lima Destinasi Liburan Yang Paling Aman di Dunia
Sat Jan 07, 2017 8:06 pm by azzalya

» Indonesian Primitive Tribes #1
Sat Jan 07, 2017 7:57 pm by azzalya

» Apa Konsep Hidupmu ?
Sat Jan 07, 2017 7:50 pm by azzalya

» Rumpun Alang-Alang
Sat Jan 07, 2017 7:33 pm by fla

» Si Bolang - Kabaena Negeri di Awan
Sat Jan 07, 2017 6:47 pm by fla

» 9 Makanan Aneh, Menakutkan dan Ekstrim Dari Seluruh Dunia
Sat Jan 07, 2017 8:37 am by fla

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Ini Dia Manfaat Nanas untuk Kesehatan

    Share

    vani

    Jumlah posting : 339
    Join date : 24.09.11

    Ini Dia Manfaat Nanas untuk Kesehatan

    Post  vani on Fri Nov 22, 2013 8:04 am


    Sebagai masyarakat yang hidup di negara beriklim tropis, tentu kita sangat akrab dengan buah nanas. Bukan hanya manis dan segar, nanas memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk banyak hal dalam kehidupan, mulai dari untuk mengempukkan daging, sampai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Enzim tersebut adalah enzim pemecah protein bernama enzim bromelain.

    "Ada banyak manfaat nanas, untuk meredakan inflamasi, penyembuhan luka (post operative, atau luka bakar), menaikan serapan obat antibiotik, hingga antivirus yang kini masih diuji lebih jauh," ungkap Tutun Nugraha, PhD., Direktur Center CHMI (Comprehensive Herbal Medicine Institute), Surya University, Indonesia, saat livechat detikforum di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya 75, Jakarta.

    Bromelain, imbuh Tutun, juga telah diketahui mengurangi pengentalan darah dengan mencegah platelet darah beragregasi dan menyebabkan pengentalan/penyumbatan. Jadi bisa mengurangi risiko stroke, terutama pada penderita kolestrol tinggi, penyumbatan pembulu darah, dan diabetes. Selain itu, bromelain juga mampu menurunkan kemampuan E. Coli untuk menempel pada dinding usus, sehingga risiko terkena infeksi E. Coli seperti sakit pada saluran pencernaan/diare dapat dikurangi.

    "Bila ditujukan untuk pengobatan, justru nanas yang masih agak hijaulah yang terbaik, karena kandungan enzim bromelain-nya yang tertinggi. Terutama perlu diperhatikan, enzim ini terutama ada di bonggolnya sekitar 65 persen, dan sisanya (35 persen) ada pada dagingnya yang biasa kita makan," papar Tutun.

    Cara mengonsumsi nanas ini pun beragam. Mulai dari memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Bila kurang menyukai rasa asamnya, Tutun menyarankan untuk menambahkannya dengan gula pasir. Namun Tutun tidak menyarankan memasak nanas, karena enzim bromelain akan rusak sehingga manfaatnya bagi tubuh menjadi tidak optimal.

    Ia pun mengakhiri dengan menyarankan, "Dalam beberapa uji pengobatan yang pernah kami lakukan, kami merekomendasikan 2 gelas jus nanas segar per hari, dan tidak ada efek samping sejauh ini. Juga harus menggunakan nanas segar, jadi bukan nanas kalengan misalnya."

      Waktu sekarang Mon Jan 23, 2017 4:32 pm