Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @spiritualz_ dan @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Meski Dicuci dengan Sabun Banyak-banyak, Tangan Tak 100% Bersih Bakteri

    Share
    avatar
    putri

    Jumlah posting : 238
    Join date : 19.01.12

    Meski Dicuci dengan Sabun Banyak-banyak, Tangan Tak 100% Bersih Bakteri

    Post  putri on Fri Sep 27, 2013 8:33 am


    Meskipun sudah menggunakan sabun banyak-banyak, tapi bakteri di telapak tangan tidak akan musnah 100 persen. Hal ini dikarenakan permukaan kulit manusia tetap membutuhkan keberadaan bakteri untuk menjaga kondisi normal tangan.
    Apalagi tidak semua bakteri di telapak tangan adalah bakteri jahat.

    "Di tubuh orang sehat memang harus bakteri, sehingga wajar setelah cuci tangan masih ada bakteri. Tujuan cuci tangan adalah mengurangi bakteri, bukan menjadikannya steril," papar dr Wani Devita Gunardi, SpMK, ahli mikrobiologi Eka Hospital.

    Hal itu disampaikan dia dalam konferensi pers Lifebuoy dan Eka Hospital bertema 'Pecahkan Rekor MURI Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SD Terbanyak di Indonesia'. Acara ini digelar Kamis (26/9/2013), di ruangan Paseo lantai 39, Sinar Mas Land Plaza, JL MH Thamrin No 51, Jakarta.

    "Bakteri di tangan kita itu ada dua macam. Transien yang berpindah-pindah atau menempel dari tempat lain, dan residen yang berdiam. Ketika kita mencuci tangan, kita hanya bisa menghilangkan atau mengurangi yang transien. Dengan cuci tangan pakai sabun, bakteri transien berkurang sebanyak 92 persen," ungkap dr Wani.

    Untuk membersihkan tangan, menurut dr Wani, sabun yang digunakan tidak harus sabun anti bakteri. Sedangkan perbedaan sabun antibakteri dan bukan antibakteri hanya pada frekuensi cuci tangan.

    "Kalau pakai sabun antibakteri, mungkin kita harus sering mencuci tangan. Tapi kalau dengan sabun antibakteri, frekuensi cuci tangan bisa lebih jarang," ucap dr Wani.



      Waktu sekarang Sun Nov 19, 2017 3:24 am