Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Your Space

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Tengkuk dan Ketiak Menghitam? Waspada Gejala Diabetes

    Share
    avatar
    lakambula

    Jumlah posting : 469
    Join date : 27.11.09
    Age : 31

    Tengkuk dan Ketiak Menghitam? Waspada Gejala Diabetes

    Post  lakambula on Thu Sep 12, 2013 3:07 pm


    Gaya hidup tidak sehat membuat jumlah penderita diabetes terus bertambah. Gejalanya sering diabaikan, sampai akhirnya terdeteksi secara tidak sengaja. Padahal gejala resistensi insulin atau diabetes bisa diamati dari tengkuk dan ketiak yang menghitam.

    "Tengkuk hitam pada orang-orang gemuk biasanya karena gula darahnya tinggi," jelas dr Em Yunir, SpPD, K-EMD, Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam RSCM.

    Hal ini disampaikannya di sela-sela acara Journalist Class 'Kolesterol, Diabetes & Statin: Teman atau Lawan?' di Pisa Kafe, Jl. Gereja Theresia, Menteng, Jakarta.

    Menghitamnya daerah lipatan di kulit atau disebut dengan Acanthosis nigricans, merupakan salah satu penanda resistensi insulin pada kulit. Wujudnya berupa tanda kehitaman di bagian tengkuk, ketiak dan tangan.

    Acanthosis nigricans adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi gelap, tebal, dan seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti tengkuk, ketiak, selangkangan, tangan dan leher.

    Kelebihan berat badan atau memiliki tingkat insulin yang tinggi dalam darah, seperti pada diabetes tipe 2, dapat menyebabkan Acanthosis nigricans. Jika tingkat insulin pasien terlalu tinggi, maka insulin yang berlebihan dapat merangsang aktivitas sel-sel pada kulit, sehingga akhirnya menyebabkan perubahan pada kulit. Dalam beberapa kasus, Acanthosis nigricans juga dapat diturunkan.

    Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan Acanthosis nigricans, seperti hormon pertumbuhan, pil KB, dan niacin dalam dosis tinggi. Selain obat-obatan, masalah hormon lain seperti gangguan endokrin atau tumor juga dapat menyebakan Acanthosis nigricans. Pada beberapa kasus yang jarang, jenis kanker tertentu dapat menyebabkan Acanthosis nigricans. jenis kanker tertentu dapat menyebabkan Acanthosis nigricans.



      Waktu sekarang Wed Apr 26, 2017 12:25 am