Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» HAMMER OF THOR | OBAT KUAT PEMBESAR PENIS | PIN BBM D3BF2124
Fri Nov 25, 2016 1:51 am by kiosonlineshop

» rahasia kuat diranjang
Fri Nov 25, 2016 1:45 am by kiosonlineshop

» CARA CEPAT MENGHILANGKAN TATO PERMANEN PADA TUBUH
Fri Nov 25, 2016 1:44 am by kiosonlineshop

» tips cepat untuk memutihkan kulit badan
Fri Nov 25, 2016 1:43 am by kiosonlineshop

» HDD External New
Tue Nov 22, 2016 4:46 pm by dodolan

» Jejak Sejarah Kerajaan Kotu’a
Sun Nov 13, 2016 11:22 pm by ganz

» Danau Berubah Warna, Keajaiban Alam dari Tomohon
Sat Nov 12, 2016 2:16 pm by kambose

» Tuhan dan Polisi
Sun Nov 06, 2016 10:12 pm by kambose

» Suku Kaili - Sulawesi Tengah
Sat Nov 05, 2016 5:01 pm by vani

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Bau Keringat Bisa Menggambarkan Perasaan Seseorang

    Share

    tulanggadi

    Jumlah posting : 688
    Join date : 07.07.11

    Bau Keringat Bisa Menggambarkan Perasaan Seseorang

    Post  tulanggadi on Sat Nov 10, 2012 2:42 am


    Ketika Anda sedang takut atau merasa jijik karena suatu hal, orang di samping Anda dapat merasakan emosi yang sama hanya dengan mencium bau keringat Anda. Menurut penelitian terbaru, manusia dapat mengidentifikasi perasaan seseorang hanya dari baunya.

    Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science tanggal 5 November lalu, manusia mampu berkomunikasi dengan manusia lain melalui bau. Sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa hewan untuk saling berkomunikasi, tetapi ternyata manusia juga memiliki kemampuan yang sama.

    Para ilmuwan sebelumnya berpendapat bahwa manusia tidak mampu berkomunikasi dengan media bau, karena masing-masing manusia tidak memiliki bau yang sama. Berbeda dengan hewan, yang dapat saling berkomunikasi dengan memanfaatkan indra penciuman karena memiliki bau yang sama.

    "Temuan ini bertentangan dengan asumsi yang selama ini dipercayai, yaitu komunikasi pada manusia hanya akan berjalan melalui bahasa dan mimik wajah," kata GUN Semin, peneliti dari Utrecht University di Belanda, seperti dikutip dari mnn.

    Para peneliti meminta 10 pria peserta penelitian untuk menonton film horor atau film yang menjijikkan, sementara peneliti mengumpulkan keringat dari bawah ketiak peserta. Kedua jenis keringat tersebut dikelompokkan menjadi dua, yaitu 'keringat takut' dari pria yang menonton film horor dan 'keringat jijik' dari pria yang menonton film yang menjijikkan.

    Kemudian peneliti meminta 36 wanita untuk mengikuti tes visual di dalam ruangan yang dialiri aroma keringat pria, tanpa sepengetahuannya. Ketika wanita mencium bau keringat takut, dirinya membuka mata lebar-lebar seperti sedang dalam ekspresi ketakutan. Sementara itu, ketika mencium bau keringat jijik, wanita akan mengernyitkan wajah dan meringis jijik.

    Peneliti memilih pria sebagai donor keringat dan wanita sebagai obyek penelitian karena menurut penelitian yang dilakukan sebelumnya, wanita lebih sensitif dalam mengidentifikasi bau daripada pria.

    Temuan menunjukkan bahwa manusia dapat saling berkomunikasi atau setidaknya mengenali beberapa emosi melalui bau, yang mungkin dapat berguna di tempat-tempat ramai untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

    "Penelitian ini menunjukkan bahwa sinyal emosi yang tercium melalui bau dapat berkontribusi dalam penularan emosi pada situasi yang melibatkan orang banyak," kata para peneliti.




      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 10:41 pm