Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» HAMMER OF THOR | OBAT KUAT PEMBESAR PENIS | PIN BBM D3BF2124
Fri Nov 25, 2016 1:51 am by kiosonlineshop

» rahasia kuat diranjang
Fri Nov 25, 2016 1:45 am by kiosonlineshop

» CARA CEPAT MENGHILANGKAN TATO PERMANEN PADA TUBUH
Fri Nov 25, 2016 1:44 am by kiosonlineshop

» tips cepat untuk memutihkan kulit badan
Fri Nov 25, 2016 1:43 am by kiosonlineshop

» HDD External New
Tue Nov 22, 2016 4:46 pm by dodolan

» Jejak Sejarah Kerajaan Kotu’a
Sun Nov 13, 2016 11:22 pm by ganz

» Danau Berubah Warna, Keajaiban Alam dari Tomohon
Sat Nov 12, 2016 2:16 pm by kambose

» Tuhan dan Polisi
Sun Nov 06, 2016 10:12 pm by kambose

» Suku Kaili - Sulawesi Tengah
Sat Nov 05, 2016 5:01 pm by vani

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Hati-hati! Kurang Tidur Lebih Cepat Mati

    Share

    fla

    Jumlah posting : 843
    Join date : 01.12.09

    Hati-hati! Kurang Tidur Lebih Cepat Mati

    Post  fla on Wed Oct 31, 2012 4:53 pm


    Insomnia yang diderita bisa membuat orang kurang tidur atau tidak mendapatkan istirahat dengan baik. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi.

    "Orang kurang tidur tingkat kematiannya lebih tinggi benar sekali, jadi istilahnya kurang tidur cepat mati," ujar dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran saat dihubungi dHealth.

    dr Andreas menuturkan orang yang tidurnya kurang dari 5 jam sehari memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular 2 kali lipat lebih tinggi. Penyakit ini termasuk gangguan jantung, hipertensi dan stroke.

    Idealnya pada orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun memiliki waktu tidur 7-8 jam, untuk remaja dan juga dewasa muda maka waktu tidurnya sekitar 8,5-9,25 jam, sedangkan untuk orang lanjut usia waktu tidurnya 5-6 jam setiap malam.

    Hal senada juga diungkapkan oleh dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT bahwa orang yang insomnia akan kurang tidur dan mengalami proses inflamasi atau peradangan yang bisa menyebabkan adanya gangguan di pembuluh darah.

    "Hal ini bisa membuat kondisi jantung jadi terganggu atau menimbulkan penyakit. Pada orang dengan insomnia ini angka kesakitan juga lebih tinggi seperti mengalami penyakit jantung atau demensia," ujar dr Rima dari RS Medistra Jakarta.

    Risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit ini yang memicu seseorang dengan insomnia memiliki tingkat kematian lebih tinggi. Untuk itu jika seseorang diketahui memiliki insomnia sebaiknya segera cari tahu penyebabnya agar dapat diatasi dan tidak menimbulkan komplikasi penyakit.

    Seseorang dikatakan memiliki insomnia jika ia tidak bisa atau sulit untuk memulai dan mempertahankan tidur, walaupun ada kesempatan cukup bagi dia untuk tidur. Serta di siang harinya orang tersebut menjadi gampang marah, mengantuk terus, stres dan kegiatannya terganggu.

    "Misalnya ada orang yang hanya tidur 3 jam tapi ia senang-senang saja maka itu nggak insomnia, selama ia tidak ada gangguan di siang hari maka itu bukan insomnia," ujar dr Rima.

    Diketahui ada beberapa hal yang bisa memicu seseorang menjadi insomnia seperti tekanan dari pekerjaan atau lingkungan yang dapat menyebabkan stres dan depresi, atau akibat penyakit tertentu misalnya sakit kepala atau gangguan pencernaan.

    "Pada orang yang insomnia siklus tidurnya kacau sehingga mengacaukan jam biologis yang ada. Untuk orang yang agak insomnia sebaiknya tidur dan bangun di jam yang sama," tuturnya.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 6:09 pm