Berbagi Kabar & Info Disini - Follow Twitter @kabaena_

INFO UNTUK ANDA

Forum ini ada di Facebook

Share via Twitter

Follow Me : @kabaena_

Image hosted by servimg.com

Instagram Kabaena

Instagram

Kabaena Mailing List

Masukan Email Kamu:

Ngobrol Via Twitter

Latest topics

» HAMMER OF THOR | OBAT KUAT PEMBESAR PENIS | PIN BBM D3BF2124
Fri Nov 25, 2016 1:51 am by kiosonlineshop

» rahasia kuat diranjang
Fri Nov 25, 2016 1:45 am by kiosonlineshop

» CARA CEPAT MENGHILANGKAN TATO PERMANEN PADA TUBUH
Fri Nov 25, 2016 1:44 am by kiosonlineshop

» tips cepat untuk memutihkan kulit badan
Fri Nov 25, 2016 1:43 am by kiosonlineshop

» HDD External New
Tue Nov 22, 2016 4:46 pm by dodolan

» Jejak Sejarah Kerajaan Kotu’a
Sun Nov 13, 2016 11:22 pm by ganz

» Danau Berubah Warna, Keajaiban Alam dari Tomohon
Sat Nov 12, 2016 2:16 pm by kambose

» Tuhan dan Polisi
Sun Nov 06, 2016 10:12 pm by kambose

» Suku Kaili - Sulawesi Tengah
Sat Nov 05, 2016 5:01 pm by vani

LIVE STREAMING TV

Live Streaming

Online Radio Live

Radio Online

    Mitos Vs Fakta Seputar Diet & Fitnes

    Share

    liana

    Jumlah posting : 1167
    Join date : 01.12.09

    Mitos Vs Fakta Seputar Diet & Fitnes

    Post  liana on Sat Jun 02, 2012 8:37 am

    Mitos Vs Fakta Seputar Diet & Fitnes


    Banyak mitos seputar dunia diet dan fitnes yang sering menyesatkan, meskipun ada beberapa yang benar. Jangan sampai olahraga dan fitnes Anda sia-sia karena mengikuti mitos yang keliru. Ini dia sejumlah mitos dan faktanya, seperti dikutip dari Shape dan So Feminine.

    1. Mitos: Makan di Malam Hari Membuat Gemuk

    Fakta: jumlah asupan kalori harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 1.800 - 2.000 kalori, dan jika ingin menurunkan berat badan cukup kurangi sebanyak 500 kalori per harinya. Apabila jumlah asupan kalori Anda masih kurang dalam sehari, maka makan di malam hari diperbolehkan. Dengan catatan, selama kalori makanan yang Anda konsumsi tidak melebihi jumlah kecukupan kalori harian.

    Menurut pakar nutrisi Joni Rampolla, RD, sebaiknya kalori diasup secara bertahap mulai dari pagi, siang, sore dan malam khususnya saat tubuh membutuhkan energi. Makanlah setiap dua atau tiga jam, cara ini akan menstabilkan kadar gula darah dan membantu Anda tetap kenyang serta berenergi sepanjang hari. Jika rasa lapar datang di malam hari, pastikan makanan yang Anda santap tak lebih atau kurang dari 200 kalori.

    2. Mitos: Rasa Lapar adalah Tanda Bahwa Anda Perlu Makanan

    Fakta: rasa lapar tidak selalu karena tubuh Anda kekurangan makanan. Tubuh biasanya mengirimkan sinyal lapar ketika dehidrasi, kurang tidur atau lapar karena faktor psikologis (stres, sedih, kesal, marah). Jika Anda tidak cukup minum air putih atau kurang tidur saja bisa menyebabkan perut terasa lapar, bahkan ketika sudah cukup makan.

    3. Mitos: Olahraga Bikin Lelah

    Fakta: Setelah olahraga, tubuh memang akan berkeringat dan napas jadi terengah-engah. Tapi sebagian besar orang merasakan olahraga justru memberi mereka lebih banyak energi. Dijelaskan Gina Crome, RD, olahraga secara rutin juga membantu melawan kelelahan, meningkatkan kualitas tidur dan mengontrol tingkat stres.

    4. Mitos: Olahraga Memakan Banyak Waktu

    Fakta: untuk menjaga berat badan tetap ideal, Anda disarankan untuk melakukan olahraga 20 hingga 40 menit setiap hari. Jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, olahraga sebaiknya dilakukan 45 sampai 60 menit setiap hari. Namun Anda tidak harus olahraga selama itu dalam satu sesi. Anda bisa membaginya menjadi 10 menit setiap sesi. Misalnya lari selama 10 menit di pagi hari, naik-turun tangga 15 menit di sela-sela jam kantor, jalan cepat menjelang sore 10 menit dan spinning 20 menit ketika malam. Jika aktivitas olahraga dibagi, tentunya rasa lelah tidak akan terlalu dirasakan.

    5. Mitos: Saat Diet, Hindari Makan Daging Merah

    Fakta: Dalam jumlah konsumsi yang benar, daging merah seperti sapi atau kambing sebenarnya merupakan sumber protein dan zat besi yang baik. Namun ada yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsinya. Pilih bagian daging seperti sirloin atau daerah dekat tulang rusuk yang diiris tipis, dan singkirkan lemak-lemaknya. Cobalah mengontrol porsinya, sebaiknya konsumsi daging tidak lebih dari satu kali seminggu.

    6. Mitos: Jumlah Keluarnya Keringat Menentukan Jumlah Kalori yang Terbuang

    Fakta: Tidak ada korelasinya antara keringat dan penurunan berat badan. Ketika keluar keringat, berarti tubuh Anda sedang bekerja untuk mendinginkan suhunya sendiri. Keringat juga berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang mengeluarkan racun dan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Bukan hanya kalori.

    Setiap orang mempunyai kadar keringat yang berbeda-beda. Ada yang mudah berkeringat, ada pula yang tidak. Jadi, jangan khawatir bila Anda hanya mengeluarkan sedikit keringat saat latihan di gym. Anda pun tidak perlu berolahraga terlalu keras hanya untuk berkeringat. Dalam program penurunan berat badan, yang terpenting adalah memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan gaya hidup, jadwal dan kondisi fisik Anda.

    7. Mitos: Durasi Latihan yang Lebih Lama, Hasilnya Akan Lebih Cepat

    Tak diragukan lagi bahwa durasi latihan sangat berpengaruh pada hasil yang diinginkan. Tapi jika Anda menginginkan hasil yang lebih cepat, tidak cukup hanya dengan mengandalkan latihan yang lama di gym. Fitnes harus terprogram dan terencana dengan baik dan ikuti jadwalnya dengan ketat agar mendapat hasil yang optimal. Apabila tujuan Anda latihan di gym untuk mengurangi berat badan, maka lebih banyak kalori yang dibakar, berat badan pun akan berkurang lebih cepat.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 7:50 am